IMG-LOGO
Sedang Hangat: Sosialisasi Medan Berkah Bersama Srikandi Kota Medan, Bunda Fitri Borong Roti Satu Gerobak Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut Terima R.APBD T.A 2021 Dengan Beberapa Catatan JAMAN Relawan Jokowi All out dukung Bobby-Aulia, Ini Alasanya

Djarot : GBHN Penting Untuk Kesinambungan Pembangunan

Redaksi

Binjai - Anggota Komisi II DPR RI, Djarot Saiful Hidayat memberikan materi pada kegiatan penyerapan aspirasi terkait pokok-pokok haluan negara. Djarot menekankan pentingnya diberlakukan kembali pokok-pokok haluan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada acara yang diadakan di Aula Kantor Wali Kota Binjai pada Selasa (22/09/2020) itu, Djarot menjelaskan, kebutuhan pokok haluan negara agar pembangunan dapat berkelanjutan dan berkesinambungan.

"Dulu kita kenal namanya Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Namun saat ini MPR tidak lagi menetapkan GBHN," katanya.

Selain Wali Kota Binjai, Anggota DPRD Sumut, Merihata Sitepu dan Wakil Ketua DPRD Langkat, Ralin Sinulingga, hadir juga Dosen UINSU sebagai pemateri, Winda Kustiawan.

Djarot yang juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP itu menjelaskan, pihaknya menyerap aspirasi dari berbagai kalangan seperti, akademisi, budayawan, praktisi, mahasiswa dan seluruh lapisan masyarakat.

"Untuk nantinya aspirasi ini akan dibahas dan ditindaklanjuti di MPR/DPR," jelasnya.

Saat ini, kata Djarot arah kebijakan pembangunan pemerintah disusun oleh Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPN).

"Pokok-pokok haluan negara nantinya akan menjadi bagian intergral dari Pancasila dan UUD 1945 dan ditetapkan oleh MPR sebagai majelis terlengkap yang mewakili rakyat Indonesia," jelasnya.

Pokok-pokok haluan negara, kata Djarot merupakan kaidah penuntun yang bersifat ideologis dan strategis. Dikatakannya, ke depan para Presiden hingga Kepala Daerah harus menyusun visi dan misinya berdasarkan pokok-pokok haluan negara yang telah ditetapkan

"Sehingga tidak ada lagi visi misi yang disusun oleh konsultan. Seluruh program nantinya selaras dari pusat ke daerah," pungkasnya.

  • Tinggalkan Komentar