IMG-LOGO
Sedang Hangat: Bupati Taput Tinjau Kesiapan 2 Posko Menuju Perbatasan Taput-Tapteng Peduli Ojol, Majelis Taklim DPC PDI Perjuangan Medan Gelar Aksi Berbagi Rosmanyah STP Arahkan Pasukan Pemburu Corona Ke Pulau Rakyat

Kunjungi Lahan Pertanian Hydroponik, Nikson Nababan Apresiasi Pengembangan Sunkist Siborongborong

Redaksi

Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) saat ini tengah giat mengembangkan pertanian tanaman hidroponik sayur mayur tanpa pestisida. Selain itu kabupaten ini juga tengah membudidayakan jeruk dengan sebelas varietas. Salah satu varietas jeruk yang dikembangkan adalah Sunkist Siborongborong.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan menyampaikan apresiasi atas pengembangan jeruk varietas Sunkis Siborongborong yang rasanya manis dan segar. Ia meninjau lahan pertanian hidroponik, di Desa Pohan Tonga Kecamatan Siborongborong, pada Kamis (6/2).

"Ini perlu disosialisasikan bagi petani jeruk di Tapanuli Utara untuk mengembangkan varietas ini tanpa pestisida. Langkah maju bagi sektor pertanian Taput. Untuk itu perlu dikembangkan terus karena kebutuhan masyarakat sekarang adalah buah dan sayur higienis dan tanpa pestisida," ujarnya.

Dalam kunjungan itu, Nikson Nababan didampingi Ketua DPRD Taput Ir Poltak Pakpahan, Staf Ahli Bupati Eliston Lumbantobing, Asisten II Osmar Silalahi dan beberapa Pimpinan OPD.

Bupati juga mengunjungi screen House (rumah kaca) untuk pertanian sayur mayur hidroponik.

"Sayur higienis seperti ini bisa langsung dinikmati di tempat dan sangat bagus untuk kesehatan. Di samping lebih sehat dan higienis, juga pasarannya akan lebih luas, " sebutnya.

Ia mengharapkan pertanian hidroponik ini akan meluas bagi masyarakat Tapanuli Utara. Begitu juga bagi pimpinan OPD yang turut serta sebagai mitra bagi mereka, untuk mengembangkan pertanian hidroponik ini.

"Permintaan untuk buah dan sayur ini sangat tinggi, sementara yang mereka hasilkan belum bisa memenuhi permintaan. Semua penyuluh pertanian, Gapoktan dan kelompok tani (diharapkan) untuk studi banding juga ke sini," ujarnya.

Secara khusus Bupati mengajak Perusahaan Daerah (Perusda) Pertanian Taput mengambil langkah daam menyikapi pertanian hidroponik.

Didampingi tokoh masyarakat Tigor Lumbatoruan dan Camat Siborong-borong Josua Napitupulu, Nikson disuguhi buah hasil pertanian hidroponik dalam bentuk buah langsung makan maupun jus.

Rudi selaku kepala kebun pertanian hidroponik di Desa Pohan Tonga menyampaikan rasa bahagia atas kunjungan Bupati Tapanuli Utara.

Ia menyebutkan pengembangan pertanian hidroponik tersebut sebagai salah satu upaya mengurangi ketergantungan import akan kebutuhan sayur dan buah.

 

 

 

  • Tinggalkan Komentar