IMG-LOGO
Sedang Hangat: Bupati Taput terima Audiensi BMKG Stasiun Geofisika Wilayah Sumut Guna pemasangan EEWS Dilaksanakan Di Samosir, TOT Pelatih Guraklih Dan Saksi Gelombang IV Di Buka Hari Ini Pilkada 2020, Djarot Minta Kader PDI Perjuangan Waspadai Pemilih Hantu

Nikson Nababan Minta Tim Inver PTKH Perjuangkan Pelepasan Lahan Pertanian Masyarakat Adat

Redaksi

Tarutung - Pemerintah harus memastikan ketersediaan lahan untuk digarap masyarakat sebagai lahan pertanian untuk mewujudkan cita-cita menjadikan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan mewujudkan ketahanan pangan.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi didampingi Asisten II Osmar Silalahi dan Pimpinan OPD terkait ketika menerima audiensi Tim Inventarisasi dan Verifikasi Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (Tim Inver PTKH) Taput, Senin(7/9/2020), di Sopo Rakyat, Kanopi Rumah Dinas Bupati, Tarutung.

“Karena saat ini masih ada 57,69 persen dari wilayah Tapanuli Utara seluas 379.371 hektar sebagai kawasan hutan dari seluruh luasan Taput,” katanya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa usulan untuk TORA (Tanah Objek Reforma Agraria) 2015 masih banyak yang tertinggal dan belum terdata. “Secara historis, mereka punya hak atas lahan tersebut,” ujarnya.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi menerima audiensi Tim Inventarisasi dan Verifikasi Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (Inver PTKH) Taput

Bupati mengatakan bahwa di usulan yang diajukan tahun 2020 tentang susulan permohonan inventarisasi dan verifikasi TORA oleh Tim Inver PTKH di Kabupaten Tapanuli Utara yang ditujukan kepada Gubernur Sumut untuk diproses ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga akan ada yang ditambahkan berdasarkan pengaduan masyarakat.

“Ada juga sarana prasarana kesehatan di areal kehutanan dimaksud,” ucapnya.

Tim yang hadir meliputi beberapa bidang yakni Robianto (Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah I Medan), Berman Lumbantoruan (Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara), Viktor Sinaga (Kanwil BPN Propinsi Sumut), Miko Silalahi (Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Sumut), dan Edward (Dinas PUPR Propinsi Sumut).

Pada kesempatan itu Bupati Drs Nikson Nababan MSi menyerahkan cinderamata berupa penyematan Ulos kepada Tim Inver PTKH.

 

  • Tinggalkan Komentar