IMG-LOGO
Sedang Hangat: BSPN Medan Menjadi Cabang Terbaik, Djarot Ucapkan Selamat!   H. Djarot Saiful Hidayat Pimpin Apel Satgas Cakrabuana DPD PDI Perjuangan Sumut DPC PDI Perjuangan Labusel Laksanakan Rakercab II Dengan Semangat Memenangkan PSU

Pameran Foto 65 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Viet Nam Digelar 15-20 Desember 2020

Redaksi

Bali - Merayakan dan memaknai 65 Tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia dan Viet Nam, dihadirkan sebuah pameran foto-foto terpilih bersejarah tertaut hubungan baik kedua negara selama kurun waktu 1955-2020.

Eksibisi ini diselenggarakan secara daring melalui galeri virtual, dan luring di Ruang Pameran Monumen Perjuangan Rakyat Bali “Bajra Sandhi”, sedari tanggal 15-20 Desember 2020..

Pameran dibuka secara resmi melalui tayang perdana pada kanal youtube Disbud Prov. Bali Selasa, 15 Desember 2020, pukul 17.00 WITA. Pada acara pembukaan tersebut memberi sambutan Presiden RI ke 5, Megawati Soekarnoputri, Duta Besar Viet Nam untuk Indonesia, Pham Vinh Quang dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Gubernur Bali Wayan Koster menyambut baik agenda pameran ini, serta mengungkapkan makna penting di balik hubungan persahabatan kedua negara yang tecermin melalui foto-foto kebersamaan kedua founding father masing-masing, yakni Presiden Soekarno dan Presiden Ho Chi Minh.

"Melalui pameran ini kami berharap sprit persahabatan kedua bangsa dapat mengukuhkan kemitraan strategis antara Indonesia dan Viet Nam dalam bidang seni budaya, pendidikan, pariwisata dan ekonomi, “ ungkap Wayan Koster.

Pameran foto ini kerja sama Pemerintah Provinsi Bali dengan Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta, diharapkan dapat memperdalam pemahaman kepada masyarakat kedua negara, khususnya generasi muda, tentang jalinan persahabatan yang hangat antara negara dan masyarakat kedua bangsa sedini dirintis oleh founding father masing-masing, Presiden Soekarno dan Presiden Ho Chi Minh.

Kehangatan persahabatan tersebut terjalin hingga kini, tecermin dari foto-foto kunjungan kenegaraan dari masa ke masa; semisal sambutan hangat dari Presiden Tran Duc Luong dan masyarakat Vietnam atas kehadiran Presiden Megawati Soekarno Putri tahun 2001, serta pertemuan Presiden Vietnam Truong Tan Sang dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Jakarta tahun 2015, berikut kunjungan balasan Presiden Joko Widodo ke Vietnam tahun 2018.

Duta Besar Republik Sosialis Viet Nam untuk Indonesia Pham Vinh Quang, mengungkapkan bahwa pada 65 tahun yang lalu Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menjalin hubungan diplomatik dengan Viet Nam. Hubungan baik tersebut masih terjalin hingga kini, bahkan sedari tahun 2013 Indonesia dan Viet Nam menjalin kemitraan strategis memberikan kerangka kerja untuk kerja sama yang substansif di berbagai bidang.

 “Pencapaian ini tidak akan terwujud tanpa adanya upaya awal dari Presiden Ho Chi Minh dan Presiden Soekarno. Hubungan antara kedua pendiri negara ini bukan semata hubungan sesama pemimpin negara, tetapi sebagai saudara. Bukan atas dasar keturunan, melainkan atas visi yanga sama, oleh keyakinan abadi dalam kebangsaa, patriotisme, kemerdekaan, dan perdamaian," ungkap Mr. Pham Vinh Quang dalam sambutannya.

Pada pameran disertakan 42 foto bersejarah dari tahun 1955 sampai dengan sekarang. Foto-foto yang dipamerkan menggambarkan kedekatan sosial kultural antara kedua negara, termasuk keadaan alam atau topografi, serta aneka aktivitas masyarakat yang terbukti memiliki ciri dan keunikan yang boleh dikata tidak jauh berbeda.

Persahabatan antara Indonesia dan Viet Nam ditandai pula dengan muhibah seni budaya, serta terjalinnya komunikasi yang berkelanjutan dan saling menghormati antarpejabat Viet Nam dan Indonesia, berikut disepakati dan diwujudkannya kerja sama lintas bidang.

 

  • Tinggalkan Komentar