IMG-LOGO
Sedang Hangat: Djarot Saiful Hidayat : Perubahan UU Pilkada Serentak Belum Diperlukan F-PDI Perjuangan Dukung Perda Covid-19 Dengan Empat Syarat Dipimpin dr. Meriahta Sitepu, DPD PDI Perjuangan Sumut Gelar Bakti Sosial Bersama PERTUNI

Pleno KPU Tuntas, Olly-Steven Resmi Pemenang Pilkada Sulut 2020  

Olly : Kita Kerja Bersama Bangun Sulut

Redaksi

Minahasa - Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) 2020 akhirnya tuntas digelar, menyusul selesainya Rapat Pleno Terbuka penetapan hasil penghitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Utara di Hotel Mercure, Tateli, Mandolang, Minahasa, Minggu (20/12).

Berdasarkan Pleno KPUD Sulut ini, ditetapkan hasil final perolehan suara tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang selanjutnya akan dilantik menjadi memimpin Bumi Nyiur Melambai lima tahun kedepan.

Pemenangnya adalah pasangan nomor urut 3 Olly Dondokambey - Steven Kandouw yang meraih suara terbesar dengan mengumpulkan 821.503 suara atau 57,10 persen.

Disusul paslon nomor urut 1, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar meraih 491.457 suara atau 34,17 persen.

Dan paslon nomor urut 2 Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Runtuwene meraih 125.627 Suara 8,73 persen.

Dalam rapat pleno terbuka itu dipaparkan, bahwa tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Sulut 9 Desember 2020 sangat tinggi, dengan total suara sebesar 1.462.605. Meliputi suara sah sebanyak 1.438.587 dan suara tidak sah sebanyak 24.018.

Jumlah ini menandakan dari sisi partisipasi pemipih, Sulut sangat baik, yakni mencapai 79,84 persen dari target nasional 77,5 persen.

Merespon hasil pleno KPUD, Olly Dondokambey pun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Sulawesi Utara, pihak penyelenggara Pilkada, baik KPU, Bawaslu, aparat kepolisian, para saksi, relawan, dan para pendukung yang telah berperan besar dalam menyukseskan Pilkada Sulut.

"Kami juga bersyukur, karena Pilkada dapat terlaksana dengan aman, tertib, demokratis dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19," ujar Olly.

Ia juga menegaskan kemenangan yang diraih Olly Steven ini adalah kemenangan bersama. Kemenangan untuk periode kedua ini pun dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Sulut tanpa kecuali. Dan Sulut yang tambah hebat akan segera dimulai lagi.

"Dukungan rakyat Sulut ini tentu akan menjadi energi dan pendorong bagi saya dan Steven untuk bekerja lebih baik menuntaskan Pekerjaan Rumah yang belum tuntas,” tegas Olly.

Selanjutnya, Olly mengajak semua masyarakat Sulawesi Utara bersatu mendukung pembangunan Bumi Nyiur Melambai. Pilkada adalah proses demokrasi lima tahunan, dan siapa pun yang menang adalah gambaran dukungan dari masyarakat Sulawesi Utara.

"Kita sama-sama menatap ke depan dan menjalin kebersamaan, persahabatan, menjaga toleransi, cinta damai, mengutamakan persatuan dan kesatuan," jelas Olly sebagaimana juga pernah disampaikan saat pidato kemenangan.

Kepada pasangan calon Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Landjar dan Vonnie Anneke Panambunan-Henry Runtuwene, Olly menyampaikan terima kasih karena telah sama-sama melewati Pilkada penuh dinamika.

 “Semua kontestasi politik ada yang menang dan kalah. Tapi sesungguhnya kembali lagi kepada niat dan komitmen kita untuk tetap berbuat yang terbaik untuk rakyat dan daerah. Kami selalu membuka ruang untuk kita bekerja bersama untuk bangun Sulut agar tambah hebat ke depan,” tukas Olly.

  • Tinggalkan Komentar