IMG-LOGO
Sedang Hangat: Hj. Megawati Sukarnoputri : Selamat merayakan kemenangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Ucapkan Selamat Idul Fitri 1441 H Sambut Idul Fitri H. Darma Wijaya Adakan Daging Bersubsidi Untuk Masyarakat

Tri Wulan Pertama Perjuangansumut.com Sebagai Instrumen Propaganda

Oleh : Aswan Jaya*

Redaksi

1 Januari 2020, media on-line DPD PDI Perjuangan Sumut, perjuangansumut.com pertama kalinya realese. 1 April 2020 merupakan tri wulan pertama perjuangansumut.com menjadi instrumen utama propaganda PDI Perjuangan di Sumatera Utara.

Memilih warna khusus, hanya menerbitkan berbagai kegiatan, aktivitas, pernyataan dan sikap politik kader-kader partai yang bertugas di tiga pilar partai yaitu eksekutif, legislatif dan struktur partai adalah pilihan yang strategis dan terukur sebagai bentuk kesiapan partai dalam menghadapi berbagai gelombang politik yang saat ini tengah bergerak di area media sosial yang karakteristiknya sangat propagandis.

Sangat propagandis karena semua kekuatan sosial politik tengah memaksimalkan media sosial sebagai arena “pertempuran” untuk mempengaruhi perannya masing-masing dihadapan publik. Tanpa harus bertatap muka, pencitraan positif maupun negatif terbentuk sedemikian rupa.

Sasaran perjuangansumut.com adalah kader-kader PDI Perjuangan itu sendiri. Bahwa sebagai alat propaganda, perjuangansumut.com ingin memberikan bekal sebagai bahan bacaan, panduan, arahan dan petunjuk kepada seluruh kader dalam melakukan berbagai kegiatan pengorganisiran di tengah massa rakyat.

Perjuangansumut.com memberikan amunisi kepada seluruh kader dalam menghadapi setiap “pertempuran” di area media sosial.

Yang sangat dibutuhkan PDI Perjuangan Sumut saat ini adalah, pertama, kader-kader partai yang bertugas di tiga pilar partai memaksimalkan perjuangansumut.com sebagai instrumen propagandanya.

Selain memberikan informasi tentang apa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana ia melakukan berbagai kegiatan, aktivitas dan respon politiknya sebagai kader partai, perjuangansumut.com juga berperan sebagai instrumen komunukasi antara tiga pilar partai dengan seluruh kader, simpatisan dan pemilih PDI Perjuangan, sekaligus terus menjalin komunikasi kepada seluruh masyarakat khususnya di Sumatera Utara.

Kedua, keberhasilan propaganda ini sangat ditentukan sejauhmana kekuatan dan militansi seluruh kader partai di mana pun ia bertugas untuk men-share seluruh berita yang diterbitkan perjuangansumut.com kejejaring media sosial yang ia miliki. Tanpa kekuatan dan militansi itu maka instrumen propaganda partai ini tidak akan memiliki arti.

***

Perhatikan, bagaimana semua institusi dunia melalui media massa membentuk peradaban masyarakat baru hanya dalam waktu singkat melalui berbagai berita tentang pendemi Covid-19. Itulah contoh termutakhir dari sebuah kerja-kerja propaganda.

 

*Penulis adalah Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPD PDI Perjuangan Sumut dan Redaktur Pelaksana Perjuangansumut.com 

  • Tinggalkan Komentar