IMG-LOGO
Sedang Hangat: PDI Perjuangan Sumut Dan PW Al - Washliyah Sepakat Jalin Hubungan Untuk Kemaslahatan Ummat Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Sambangi Kegiatan Pendidikan Kader Pratama Se Kepulauan Nias Buka Pendidikan Kader Pratama DPC Nisel, Rapidin Simbolon Ingatkan Kader Untuk Solid

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Terima Audiensi LPAI Sumut

Redaksi

Medan - Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Terima Audiensi Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Sumatera Utara  pada Senin (11/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua LPAI Sumut, John Hutajulu menyampaikan angka kekerasan seksual pada anak di Sumatera Utara masih tinggi.

“Kami menyampaikan ini kepada Bapak Ketua DPRD, selaku dewan pembina,”  Ujar John.

John menjelaskan, di tengah persoalan pandemi Corona Virus Diaseas 2019 (Covid 19), terjadi peningkatan kasus kekerasan terhadap anak di bawah umur.

“Belum lagi meningkatnya pernikahan dini terhadap anak di bawah umur, di bawah 18 tahun secara masif,” imbuhnya.

Dikatakannya, kecenderungan permasalahan terjadi pada keluarga yang mengalami kemiskinan secara ekstrim.

“Masalah kesehatan, masalah pendidikan juga sama tingginya,” tambahnya.

John juga menuturkan, selama ini pelaku kekerasan seksual pada anak telah ditindak tegas. Akan tetapi korban pelecehan, kerapkali luput dari perhatian.

“Si anak harus mendapatkan trauma healing dan konseling untuk memulihkan kondisi psikisnya. Kalau tidak ditangani maka di masa depan ia akan dilema, malah di beberapa kasus menjadi predator,” jelasnya.

John juga menjelaskan, bila hal tersebut tidak ditangani pemerintah secara serius, maka akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Ia berharap, pemerintah dapat bersinergi dengan LPAI dalam menangani hal itu.

“Kami membutuhkan pemerintah dalam hal pendanaan dan fasilitas. Saat ini kami melakukan penanganan terhadap korban pelecehan dengan sukarela. Tak dapat dipungkiri, pendampingan terhadap anak-anak itu membutuhkan fasilitas dan dana, mengingat wilayah Sumut sangat luas,” pintanya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, menyampaikan keprihatinannya terhadap laporan angka kekerasan seksual kepada anak.

Menurut Baskami, perlu ada penanganan serius dari Pemprovsu agar angka kekerasan seksual tersebut, tak meningkat dari hari ke hari.

“Kami akan berdiskusi sekaligus menyampaikan aspirasi rekan-rekan dari LPAI Sumut ini. Bagaimanapun harus ada upaya kongkrit dari pemerintah,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

  • Tinggalkan Komentar