IMG-LOGO
Sedang Hangat: Ingin Kembangan Varietas Asli Sumut, BPEK Sumut Adakan Lomba Durian Lokal Unggul Djarot Saiful Hidayat Kunjungi Kapolda, Menghasilkan Kesatuan Visi Antar Hewan Kurban Ke Ormas Islam, Djarot Ajak Kolaborasi Atasi Pandemi

KPU Labuhanbatu Rencanakan Gelar PSU Jilid II Pilkada Pada 19 Juni 2021

Redaksi

Rantauprapat - Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Jilid II  rencananya digelar pada 19 Juni 2021.

Dalam PSU jilid II ini, sebanyak 941 orang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), di dua tempat pemungutan suara (TPS), di Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, yakni TPS 007 dsn TPS 009.

"PSU kita rencanakan akan dilaksanakan 19 Juni mendatang. Tapi perlu diingat itu masih rencana. Masih akan dirapatkan. Keputusannya Senin (7/6/2021) besok,” kata Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi saat dikonfirmasi, Minggu (6/6/2021).

Wahyudi mengatakan jika tak ada hambatan, pihaknya (Komisioner KPU Labuhanbatu) akan melakukan rapat pada Minggu (6/6/2021) sore ini. Dimana hasil rapat tersebut akan diumumkan ke publik pada keesokan harinya (Senin).

Adapun mengenai anggaran untuk pelaksanaan PSU jilid II ini, KPU disebutkan Wahyudi akan menggunakan sisa anggaran yang ada di KPU Labuhanbatu. Dan mengenai jumlah pastinya, hal tersebut juga akan menjadi salah satu pembahasan dalam rapat yang dilakukan Minggu sore ini.

"Mengenai anggaran, kita menggunakan sisa anggaran yang ada. Sekitar Rp 800 jutaan. Pastinya, nanti itu juga akan kita rapatkan," sebut dia.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang ada, dengan adanya PSU jilid II ini, maka raihan suara pasangan Erik-Ellya berkurang 552 suara. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang diperoleh dari dua TPS tersebut (007 dan 009) pada PSU 24 April silam. Dengan demikian secara keseluruhan, suara pasangan ini menjadi 87.941.

Sementara suara pasangan Andi-Faisal berkurang 295 suara menjadi 87.888. Artinya selisih suara kedua kubu kini berjumlah 53 suara, untuk keunggulan pasangan Erik-Ellya.

PSU Jilid II ini merupakan perintah Mahkamah Konstitusi (MK), dalam putusan yang dibacakan oleh ketuanya Anwar Usman pada Rabu (3/6) silam. Putusan ini dilakukan setelah pasangan Andi-Faisal melakukan permohonan (gugatan) terhadap hasil PSU 24 April silam.

"Memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu untuk melaksanakan pemungutan suara ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020, di 2 TPS yakni TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Rantau Selatan," kata Anwar ketika itu.

  • Tinggalkan Komentar