IMG-LOGO
Sedang Hangat: BSPN Sumut Segera Laksanakan Rakor Dalam rangka Konsolidasi Menyongsong Pemilu 2024   Brigaldo Sinaga Wafat, Atas Nama PDI Perjuangan Sumut Dr. Sutarto Sampaikan Dukacita Rayakan Lebaran DImasa Pandemi, DPD PDI Perjuangan Sumut Gelar Halal Bihalal Virtual  

Presiden Jokowi Sampaikan Duka Mendalam Atas Gugurnya Awak KRI Nanggala-402

Redaksi

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan duka mendalam atas gugurnya 53 orang prajurit yang menjadi awak KRI Nanggala-402, yang tenggelam di Perairan Utara Pulau Bali.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Senin (26/04/21), dengan didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jend Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Budi Gunawan.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI Angkatan Laut di KRI Nanggala-402, dalam melaksanakan tugas di Perairan utara Pulau Bali. Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa, Patriot terbaik penjaga kedaulatan negara," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, pengabdian 53 orang prajurit tersebut akan terus terpatri, seraya mendoakan semua keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan.

"Pengabdian saudara-saudara akan terpatri di Sanubari seluruh rakyat Indonesia. Semoga arwah prajurit-prajurit Hiu Kencana mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan," ujar Jokowi lebih lanjut.

Untuk mereka yang meninggal dalam tugas, Jokowi mengatakan, negara menganugerahi mereka penghargaan kenaikan pangkat dan juga Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi dan pengabdian mereka untuk negara.

"Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi, pengabdian, serta pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut," ujar Jokowi lebih lanjut.

Adapun untuk keluarga yang ditinggalkan, khususnya putra-putri dari para almarhum, akan dibiayai oleh negara hingga jenjang pendidikan Sarjana S1.

Pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra-putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1," tambah Jokowi.

Tak lupa, apresiasi tinggi disampaikan Kepala Negara kepada TNI, Polri, Basarnas, BPPT, dan KNKT serta seluruh instansi terkait lainnya atas bantuan dalam proses pencarian KRI Nanggala 402.

"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI, Polri, Basarnas, Bakamla, BPPT, dan KNKT serta seluruh unsur yang tidak bisa saya sebut satu persatu yang telah berupaya maksimal dalam menemukan KRI Nanggala 402 ini. Dan terima kasih, serta penghargaan juga saya sampaikan atas bantuan dari negara-negara sahabat dalam upaya dan kerja keras pencarian kapal selam KRI Nanggala-402," pungkas Jokowi.

53 orang prajurit KRI Nanggala 402 dinyatakan gugur, Minggu (25/04/21) petang, setelah ada bukti gambar yang dihasilkan ROV MV Swift rescue milik Singapura atas tenggelamnya KRI Nanggala-402.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," kata Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4/2021).

Kapal selam tersebut ditemukan tenggelam di kedalaman 838 meter dan pecah menjadi tiga bagian.

  • Tinggalkan Komentar