IMG-LOGO
Sedang Hangat: Peringati HUT RI KE 77 Tahun, DPD PDI Perjuangan Laksanakan Upacara Dan Gelar Berbagai Lomba HUT 77 Tahun Indonesia, Rapidin Simbolon : Harus Dimaknai Dengan Terus Berjuangan Untuk Indonesia Papah Veteran Perang, Oloan Tunjukkan Bhaktinya Pada Pejuang Kemerdekaan

Resmikan Jaringan Listrik, Bupati Nikson Nababan Bikin Warga Hutatua Parmonangan Merdeka Dari Kegelapan

Redaksi

Taput - Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi bersama Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, kunjungan kerja ke Desa Hutatua dalam rangka peresmian listrik Hutatua, Parmonangan, Minggu hingga Senin (14-15/8/2022).

Turut mendampingi anggota DPRD FRaksi PDI Perjuangan Ombun Simanjuntak dan sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah Tapanuli Utara.

DesaHutatua Kecamatan Parmonangan sendiri berpenghuni 36 kepala keluarga. Di mana mayoritas penduduknya bertani, sehingga desa itu adalah penghasil padi/beras terbesar di Kecamatan Parmonangan.

Dalam kaporannya Kadis Lingkungan Hidup Heber Tambunan menyampaikan, telah terbangun energize jaringan listrik 57 titik desa/dusun sejak tahun 2017 sampai saat ini.

“Dan masih ada 35 titik desa/dusun yang belum teraliri listrik yang akan kita tuntaskan dengan secepatnya,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati Taput menyampaikan, pertama kali datang ke desa itu, ia menempuh jalan yang sangat berbahaya. “Saat itu saya menggunakan sepeda motor malam hari dengan kondisi hujan. Berkat doa masyarakat dan niat tulus saya sampai ke Desa Hutatua,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati Taput menambahkan, bahwa jalan yang ia tempuh begitu susah, membuatnya kaget. “Saya kaget melihat kondisi jembatan yang sudah tidak layak. Kondisi jalan yang masih hanya setapak dan tidak ada listrik. Sehingga saya memiliki komitmen untuk memerdekakan Desa Hutatua,” katanya.

“Pelan tapi pasti, jembatan sudah terbangun permanen. Jalan kita perlebar. Sehingga kendaraan roda empat sudah bisa sampai ke Desa Hutatua.

Saya sudah rencanakan juga untuk melakukan pengerasan jalan ke Hutatua,” lanjut Bupati.

“Jembatan dan jalan sudah dibuka dan diperlebar. Saat ini juga kita merasakan terang karena listrik (PLN) sudah masuk ke desa kita ini,” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Nikson Nababan menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Hutatua yang telah menyambutnya dengan hangati. “Dan saya juga tidak luput mengucapkan terima kasih untuk pihak PLN ikut bekerja sama dengan baik dengan Pemkab Tapanuli Utara,” tutupnya.

Kemerdekaan Sesungguhnya

Sementara tokoh masyarakat Desa Hutatua, Op Ronal Manalu, juga menyampaikan rasa bangga dan terima kasih. “Saya sebagai masyarakat yang mewakili seluruh masyatakat Desa Hutatua sangat bangga dengan kehadiran Bapak Nikson Nababan ke desa ini. Kami sudah merasakan kemerdekaan sesungguhnya. Jalan sudah bisa dilalui kenderaan. Jembatan Aek Pinang (Marhaen) dan Aek Sibundong sudah terbangun permanen. Dan sekarang kami merasakan listrik yang sudah kami nantikan selama 77 tahun,” ujarnya.

Sedangkan Manager UP3 PLN Area Sibolga Darwin Simanjuntak menyampaikan, hal itu merupakan bentuk sinergitas Pemkab Taput dan PLN. Komunikasi tetap terjalin dengan baik. Sehingga jaringan listrik dapat terbangun di Desa Hutatua dan desa/dusun yang sudah teraliri.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Nikson Nababan terus mengingatkan kami untuk segera menindaklanjuti kerja sama Pemkab dan PLN. Saya juga berpesan untuk warga agar menjaga bersama jaringan listrik yang telah terbangun di desa kita ini,” ujarnya.

  • Tinggalkan Komentar