IMG-LOGO
Sedang Hangat: Peringati HUT RI KE 77 Tahun, DPD PDI Perjuangan Laksanakan Upacara Dan Gelar Berbagai Lomba HUT 77 Tahun Indonesia, Rapidin Simbolon : Harus Dimaknai Dengan Terus Berjuangan Untuk Indonesia Papah Veteran Perang, Oloan Tunjukkan Bhaktinya Pada Pejuang Kemerdekaan

Sejumlah Kepsek Buat Surat Dukungan Politik, Resolaoan : Harusnya ASN Netral!

Redaksi

Dairi  - Terkait ramainya pemberitaan media massa adanya surat dukungan untuk salah satu nama yang diduga akan jadi bakal calon Bupati Dairi periode 2024 s/d 2029 yang dilakukan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) membuat ketua PDI Perjuangan Dairi Resoalon Lumban Gaol, SE bereaksi. 

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Dairi tersebut secara tegas mengingatkan ASN dan PPPK untuk menjauhi politik praktis jika tidak ingin terkena imbas dan jeratan sanksi hokum yang bakal diterima. 

“Aturannta sudah tegas menuliskan sanksi ASN berpolitik praktis dari Sanksi ringan hingga sanksi  terberat pemecatan” Ungkap Re Resoalon Lumban Gaol seperti dilansir dari dairipers pada Rabu (10/8/2022).

Disebutkan Resoalon adanya bukti permulaan dukungan dari tiga sekolah yakni SD Negeri 030280, SD Negeri 030287 dan SD Negeri 030288 sudah menjadi petunjuk awal. PDI Perjuangan Dairi mulai besok akan bergerak ke sejumlah sekolah termasuk menjumpai narasumber seperti yang tertera di media massa.

“Kita akan mengumpulkan data dan bukti sekaitan surat dukungan dua periode itu. Akan kita telusuri siapa orang yang menggerakkannya . Kalau hal itu perintah langsung Bupati , maka Bupatinyanyapun langsung kita adukan” tegasnya

Ditegaskannya jika PDI Perjuangan nanti mendapatkan bukti ASN berpolitik praktis apalagi dalam bentuk tertulis maka akan langsung mengambil tindakan membawanya ke saluran hokum yang sudah ada 

Resoaloan menegaskan ASN atau PNS hingga PPPK harus nyaman dalam bekerja tidak terbebani dengan tekanan politik sehingga terjerumus politik praktis.

“PDI Perjuangansiap jadi saluran aspirasi dan tempat aduan jika ada ASN merasa tertekan secara politik. Sebaliknya bagi ASN yang membandel melanggar aturan maka PDIP yang akan langsung mengadukan pelanggaran etika ASN ini. Kita punya jalur dan bidang yang mengurusi itu ” tegasnya.

Disebutkan Resoalon Lumban Gaol. ASN perlu memahami arti loyalitas agar tidak menjadi korban . Loyalitas pimpinan yang benar adalah taat selama menyangkut tugas. Diluar tupoksi  maka ada resiko dan sanksi yang menghadang.

Resoalon mencontohkan peristiwa tengah viral kasus Penembakan Brigadir J muncul kalimat dan pengakuan loyalitas. Namun setelah disidik mereka yang berlindung dibalik loyalitas itu justru terkena pidana. Silahkan loyal selama menyangkut tugas namun kalau loyalitas diluar tugas hingga melanggar hukum maka ada resiko dan sanksi yang harus dibayar, tegasnya.

Resoalon kembali  mengingatan banyaknya aturan, UU, Peraturan Pemeirntah, Peraturan Menpan RB. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Undang-Undang (UU) Nomor: 10 Tahun 2016, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Ada ancaman Hukuman Disiplin tingkat rendah. Untuk Tingkat Sedang  hingga hukuman tingkat berat pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS” Ungkapnya.

  • Tinggalkan Komentar