IMG-LOGO
Sedang Hangat: Habiskan Dana 80 Milyar Tanpa Laba, Teyza : Arang Habis Besi Binasa APBD Merana DPD PDI Perjuangan Sumut Akan Laksanakan Perayaan Imlek 2022 Bersama Melanggar PP 54 Tahun 2017, Managemen PT PSU dan Komut Wajib Di Evaluasi Total

TP PKK Bireun Lakukan Study Tiru ke Medan Terkait Pengembangan UMKM

Redaksi

Medan - Upaya Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution membuat pelaku UMKM di Kota Medan naik kelas, mengundang rasa penasaran sejumlah pihak untuk diterapkan di daerah lain.

Salah satunya Kabupaten Bireun Aceh. Ketua Tim Penggerak PKK Bireun Nurjannah Ali, SE., MM membawa rombongannya datang ke Kota Medan untuk studi tiru, Kamis (13/1/2022). Mereka pun disambut di Dinas Koperasi dan UMKM yang dipimpin Benny Iskandar Nasution, AP., M.AP.

Tampak hadir juga Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bireun, Lili Afrizal, S. Pd. Di dinas, rombongan diterima di Ruang Rapat Dinas Koperasi UKM Kota Medan.

Kadis Koperasi dan UMKM Medan, Benny Iskandar memaparkan kondisi umum UMKM Kota Medan serta Program Prioritas Wali Kota Medan dalam Pembinaan dan Pengembangan UMKM Kota Medan.

“Tahun 2022 adalah tahun pengembangan UMKM baik secara nasional maupun program prioritas Bapak Wali Kota Medan,” kata Benny.

Dalam pemaparannya, Benny menjelaskan program kegiatan yang telah dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM Kota Medan dalam mendukung UMKM naik kelas sebagaimana Visi Misi Bapak Wali Kota Medan.

Yakni, upaya Digitalisasi Data UMKM Kota Medan melalui Aplikasi Sistem Pendataan Koperasi dan UMKM (SIMDAKOP UMKM) Kota Medan.

Kemudian Program Satu Kecamatan Satu Sentra UMKM (Sakasanwira) Berdasarkan Produk Unggulan pada masing-masing Kecamatan.

Kemudian Fasilitasi Penerbitan Akta Pendirian Koperasi Rumah Ibadah.

Dan juga Bobby Nasution telah memperluas Pasar Bagi Produk Koperasi Dan UMKM Melalui Pelibatan Dalam Pengadaan/E-Katalog Lokal Makan dan Minum.

Menanggapi pemaparan Benny, Medan, Nurjannah Ali pun Ketua mengaku kagum terhadap langkah yang dilakukan oleh Wali Kota Medan dalam rangka pembinaan dan pengembangan UMKM.

"Kami akan berusaha mencontoh apa yang telah dilakukan Pak Wali dalam membantu UMKM. Insya Allah kami akan terapkan di Kabupaten Bireun. Terimakasih atas ilmu yang telah disampaikan kepada kami," kata Nurjannah Ali.

Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan galeri produk UMKM yang ada di Dinas Koperasi UKM Medan. Bahkan rombongan tampak memborong produk UMKM Medan yang dibina Dinas Koperasi dan UMKM.

  • Tinggalkan Komentar